Tatang Koswara, Sniper Indonesia Top Dunia

4 Mar 2015

e8824e7b1e35eb414e03f2b31b68568b_tatangkoswara

Tatang Koswara Sniper Indonesia Top Dunia

Tatang Koswara, penembak jitu Indonesia dari TNI (Tentara Nasional Indonesia) telah tercatat jadi salah satu penembak jitu (sniper) top dunia. Lahir di Medan 12 Desember 1946, dan wafat karena serangan jantung 3 Maret 2015 setelah diwawancarai di Hitam Putih stasiun TV Trans7 . Penembak Jitu dengan sandi “Siluman 3″ ini ikut bertugas di Timor Timur pada pertempuran melawan Fretilin tahun 1977 sampai 1978. Senjata kesayangannya yang sering dibawa adalah Winchester model 70, senapan produksi The Winchester Repeating Arms Company salah satu senapan yang terkenal di dunia berjulukan The Rifleman’s Rifle.

Namanya menjadi perhatian internasional karena namanya masuk urutan ke-13 sniper hebat dunia seperti ditulis dalam buku ‘Sniper Training, Techniques and Weapon’ yang ditulis Peter Brookersmith (2000). Mulai jadi perhatian media ketika mulai diangkat beritanya di media online detik.com bulan Maret 2015.

Sebelum meninggal tinggal di Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat sempat diwawancarai secara langsung media online dan menunjukkan foto-foto selama masih muda dan bertugas di kancah pertempuran di Timor TImur yang selama ini disimpannya. Selama pertempuran, Tati istrinya yang sedang mengandung selalu mendoakan untuk keselamatan suaminya, sehingga pas lahir anaknya yang bungsu diberikan nama Tanti Melani Talabela yang berbau Timor Timur. Talabela adalah nama gunung di Timor Timur.

Karakter Tatang punya kedisiplinan tinggi. Sebagai pengawal Jenderal Edi Sudrajat di Timor Timur, tugas dan misinya tidak ada yang diketahui kecuali mereka berdua. Disiplin tersebut tertutup sampai lebih dari 25 tahun kemudian terkuak dengan sendirinya. Demikian juga meski betis kanannya pernah tertembak, saking disiplinnya istrinya tidak mengetahuinya. Selama hidupnya, keluarganya berjuang untuk kehidupan dari gaji yang sedikit saja. Sebagai prajurit, Tatang Koswara adalah seorang kesatria, menyelesaikan tugasnya sebagai prajurit pembela bangsa negara tanpa memperhitungkan apa yang akan diperolehnya. Hanya tugas yang jadi diprioritas untuk diselesaikannya.

Sebagai salah satu legacy (warisan) untuk dunia penembak jitu, Tatang Koswara membuat ABTEM (Alat Bantu Tembak Malam), diperuntukan untuk latihan prajurit penembak jitu yang ingin berlatih jika melakukan penembakan di waktu malam hari. Alat itu ada bersama dengannya, dan punya ahrapan suatu waktu bisa dikembangkan untuk produksi lebih massal untuk generasi yang akan datang. Selain itu dalam penyusupannya ke jantung musuh, Tatang Koswara punya strategi jitu, yaitu memakai sepatu yang terbalik telapaknya, jadi musuh bisa salah duga atas pergerakannya.

Tatang Koswara salah satu Top Sniper Dunia

Menurut berbagai sumber berdasarkan jumlah yang tewas karena tembakan sniper sebagai berikut :

1. Simo Hyh, nama samaran “White Death”, Tentara Finlandia Simo berjuang untuk Tentara Finlandia selama perang musin dingin antara Soviet dan Finlandia tahun 1939 - 1940. Simo berhasil menewaskan 505 nyawa kurang dari 100 hari, dan diperkirakan menewaskan 705 nyawa dari tembakan jitunya. Salah satu resep terpenting jadi sniper adalah selalu berlatih.

2. Erwin Konig atau Heinz Thorvald adalah nama dari seorang sniper Wehrmacht handal yang terbunuh oleh sniper legendaris Tentara Merah Vasily Zaytsev selama berkecamuknya pertempuran Stalingrad tahun 1942-1943. Erwin Koenig kepala sekolah sniper di Berlin dan diperkirakan telah berhasil menewaskan 500 musuh.

Ivan Sidorenko (1919 1994), berhasil membunuh 500 nyawa selama perang dunia ke-2.

3. Nikolai Yakolevich Ilyin adalah sniper Tentara Merah Rusia ikut dalam perang Stalingard pada 1942-1943. Sekitar 494 - 496 musuh berhasil ditembaknya dan gugur dalam medan tempur pada 4 Agustus 1943.

Fyodor Okhlopkov (1908 1968), adalah satu dari sekian sniper Soviet yang paling efektif, berhasil membunuh 423 musuh selama Perang Dunia II.

4.Vasily Zaytsev , Tentara Merah Soviet Zaytsev menurut pengakuannya berhasil membunuh 400 nyawa pada Perang Stalingard pada 1942-1943 namun menurut data yang terverifikasi berhasil menembak mati musuh 242 nyawa, 11 diantaranya sniper termasukErwin Konig. Zaytsev hidup sampai tahun 1991 bahkan sampai menjadi direktur pabrik tekstil.

5. Semyon Nomokonov (1900 1973), prajurit Soviet selama Perang Dunia II berhasil melumpuhkan 367 nyawa.

6. Lyudmila Pavlichenko, penembak jitu paling legendaris perempuan Rusia dari sekian banyak gemblengen sniper nan cantik. Lahir di Belaya Tserkov, wilayah Ukraina pada 12 Juli 1916. Mahasiswi jurusan Sejarah Universitas Kiev ini ikut terjun dalam perang Dunia II saat Jerman menyerang Russia. Prestasinya melumpuhkan lawan mengalahkan legendaris sniper Rusia Vasily Zaytsev. Pavlichenko telahmembunuh 309 prajurit Jerman, termasuk 36 Sniper tentara jerman dan berpulang pada 10 Oktober 1974 dalam usia 58 tahun.

7.Chris Kyle, Amerika Serikat, Navy SEAL (Marinir AS) Kyle nama Sniper yang paling dikenang di AS dengan keberanian, membanggakan dan terutama dedikasinya pada misi negara tercintanya. Kyle terverifikasi menewaskan 160 nyawa, meski Kyle mengakui 255 nyawa telah tewas dari tembakan jitunya selama perang di Irak. Nama yang disandangnya adalah Devil of Ramadi dan seperti Hathcock, kepala Kyle jadi taruhan uang jika berhasil membunuh Kyle. Prestasinya melumpuhkan lawan mengalahkan legendaris sniper Rusia Vasily Zaytsev.

8. Adelbert Waldron III, terjun di Perang Vietnam lulus dari sekolah sniper Army Marksmanship Unit (AMU) tahun 1968, Bert lantas bekerja sebagai personel AL AS di Sungai Mekong. Berts yang saat itu berusia 36 tahun berhasil menembak musuh sebanyak 109 orang dan tembakannya dianggap salahs atu yang paling jitu, jumlah tertinggi di antara tentara AS saat perang Vietnam. Pasca perang mengajar di sekolah menembak US Army Marksmanship Unit (AMU) sebelum meninggalkan dinas ketentaraan tahun 1970, meninggal pada 18 Oktober 1995 di California dalam usia 62 tahun.

9. Charles B Mawhinney lulusan sekolah sniper Scout Sniper School di Camp Pendleton tahun 1968 dan berkiprah di Perang Vietnam berasal dari satuan US Marine Corps (USMC). Chuck, selama 13 bulan bertugas di Vietnam, terkonfirmasi menembak 103 tentara Vietkong. Chuck menempati urutan kedua di AS, di bawah sniper AS Adelbert Waldron, dengan 103 musuh yang tertembak.

10. Carlos Norman Hathcock, Marinir Amerika Serikat dari pusat pendidikan US Marine Corps (USMC). Hathcock adalah salah satu sniper yang terkenal tercatat menewaskan 93 nyawa selama perang Vietnam. Ada film dan buku yang menceritakan tentang legenda Hathcock seperti Seri Bob Lee Swagger dan Film Saving Private Ryan. Hathcock sering memenangkan lomba menembak jitu, menuntaskan 2 tugas besar, yakni menghabisi interogator Prancis di Pasukan Vietkong yang suka menyiksa para pilot AS dan membunuh Jenderal Vietnam Utara. Dia juga sempat berduel dengan sniper Vietkong tangguh yang membunuh sejumlah marinir AS. Hathcock akibat luka di Vitenam berkembang menjadi penyakit Multiple Sclerosis yang menyebabkan kelumpuhan dan meninggal pada 23 Februari 1999 dalam usia 57 tahun.

11. Thomas R Leonnard sniper dari US Marine Corps (USMC) yang juga terjun dalam perang Vietnam. Thomas berhasil menembak 74 - 94 musuh.

12. Roza Shanina (3 April 1924 28 January 1945) adalah sniper Soviet selama perang dunia ke-2, berhasil menembak 59 nyawa.

13. George Filyaw dari satuan US Marine Corps (USMC) yang berlaga di Perang Vietnam, terkonfirmasi menewaskan 56 musuh dan 20 orang lain yang belum terkonfirmasi.

14. Philip G Moran penembak jitu di Perang Vietnam dari kesatuan AD AS. Jumlah tembakan Philip yang berhasil mengenai musuh 53 tembakan.

15. Tatang Koswara, pengalamannya bertempur di Timor Timur pada 1977-1978. Tatang dalam tugasnya berhasil melumpuhkan sebanyak 41 target orang-orang Fretilin. Tatang yang memiliki sandi S-3 alias ‘Siluman 3′. Kata siluman dimaksudkan karena misi yang diembannya bersifat sangat rahasia. Sementara angka tiga merujuk ranking yang didapatnya saat mengikuti pendidikan sniper dari Kapten Conway anggota Green Barets Amerika Serikat pada 1973.

16.Thomas D Ferran dari kesatuan US Marince Corps (USMC). Tembakan tepatnya terhitung mengenai 41 musuh saat perang Vietnam. Thomas dilatih oleh sniper kawakan Carlos Hatchcock, untuk menembak musuh dari jarak jauh, 1.200 meter. Namun saat diterjunkan di Chu Lai, Vietnam, dia melihat musuh dalam jarak 1.300 meter. Bersama rekannya, akhirnya tentara Vietkong itu bisa ditembak mati dalam tembakan yang kedua. Thomas pernah menuliskan bahwa sniper ini dilimpahkan tugas ketuhanan palsu yang bisa menentukan nasib seseorang. “Kau melihat melalui teropongmu, dan Anda melihat seperti apa manusia itu. Anda menyadari mereka manusia. Anda memegang kendali penuh untuk mengakhiri hidup mereka,” jelas Thomas seperti dikutip dalam Telegraph, edisi 11 April 2004.

Tatang Koswara telah tiada namun catatannya sebagai salah satu sniper tingkat dunia.

Salam

sumber :

http://www.therichest.com/rich-list/most-shocking/the-deadliest-snipers-of-all-time/

http://www.detik.com

http://www.wikipedia.org


TAGS sniper militer


-

Follow Me