Pulsa Elektrik : Praktis dan Sudah Menjadi Suatu Kebutuhan

23 Mar 2013

60068eec8e3911ce253e10182d485ba0_pulsaelektrik

Kebutuhan dasar yang selama ini kita ketahui adalah pangan, sandang dan papan. Pangan dibutuhkan karena sebagai manusia tiap hari dibutuhkan untuk energi dalam berkativitas sehari-hari. Sandang dibutuhkan sehubungan melindungi tubuh dari cuaca panas dan dingin serta untuk kebutuhan estetika dan kesopanan. Papan dibutuhkan untuk berlindung dari kondisi alam yang tidak bersahabat, baik hujan, panas, salju, musim dingin, angin dan lain sebagainya. Selain itu papan dipergunakan untuk istirahat di kala malam, bercengkerama dengan keluarga dan sebagai identitas pribadi atas alamatnya.

Kebutuhan di abad 20 ke 21 ini sudah berubah, ada tambahan yaitu diantaranya kebutuhan komunikasi dan bersosialisasi. Salah satu media untuk berkomunikasi adalah telepon atau handphone yaitu telepon yang bisa dibawa ke manapun.

Untuk bisa berkomunikasi ada biaya yaitu ada yang tetap (berlangganan), prabayar (deposit jumlah tertentu dalam bentuk pulsa) dan paska bayar (membayar biaya bulanan atas langganan dan biaya percakapan biasanya selama 1 bulan). Biaya tetap lengganan biasanya ditagihkan flat untuk telpon tak bergerak di luar negeri. Di Indonesia, biaya menggunakan telepon atau handphone dengan model paska dan pra bayar. Secara persentase banyaknya pembayaran dengan pra bayar lebih banyak.

Secara dominan atau mayoritas sebagian besar biaya komunikasi dengan prabayar atau melalui pembelian pulsa. Dengan demikian pulsa menjadi suatu kebutuhan baru dalam berkomunikasi. Tanpa pulsa tidak bisa berkomunikasi alias tidak bisa memenuhi salah atu kebutuhan untuk berkomunikasi.

Seberapa penting Pulsa ?

Heran, kepanikan sering muncul pada saat pulsa habis dan memerlukannya. Segera dilakukan tindakan untuk mendapatkan pulsa tersebut.

Apalagi komunikasi itu merupakan telpon atau sms yang sangat penting dan mempengaruhi tentang kehidupan saat ini atau nanti. Komunikasi alias kebutuhan pulsa menjadi sangat penting apabila kualitas urgensi dan kepentingan komunikasi tersebut sangat tinggi. Dengan demikian biaya pulsa Rp. 5000, Rp. 10.000 atau Rp. 100.000 tidak berarti dibandingkan urgensi dan kepentingan atas perlunya komunikasi tersebut.

Hal tersebut menjadi alasan pulsa kadang menjadi lebih penting bahkan lebih dari kebutuhan lainnya bahkan lebih dari kebutuhan dasar seperti pangan, sandang dan papan. Hal ini sehubungan kepentingan akan security/keselamatan, survival kehidupan, masa depan dan kebutuhan yang sangat urgen dan sangat penting lainnya.

Dengan demikian pulsa tersebut bisa dianggap pulsa murah dibandingkan kepentingan atas komunikasinya.

Mengapa Pulsa Elektrik ?

Kebutuhan pulsa elektrik adalah terobosan biaya komunikasi bisa di-deliver/disampaikan/dikirimkan jarak jauh melalui jaringan handphone itu sendiri. Dengan hanya membeli di tempat lain pulsa maka pulsa tersebut bisa dikirimkan ke handphone penerima di manapun lokasinya bahkan di pelosok Indonesia. Soal jauh dekat counter, agent, toko atau lokasi pembelian pulsa dapat di-atasi dengan cukup mengirimkan sms ke teman atau agen sehingga pulsa terkirim.

Pulsa elektrik adalah terobosan. Lokasi tidak berjarak lagi sepanjang ada message tersampaikan ke teman untuk meminta pulsa atau agen pulsa elektrik untuk membeli pulsa.


Transfer Pulsa

c431e6f93c18e4a5925d090be634daea_trasnferpulsa

Pulsa elektrik saat ini pun bisa salaing dikirimkan dalam satu operator telepon. Cukup mengirimkan sejumlah minimal Rp. 5.000 dan sisanya biasanya cukup tersisa Rp. 5.000 atau Rp. 10.000. Teman yang berlokasi dimanapun di pelosok Indonesia bisa dikirimkan pulsa elektrik.

Kebutuhan transfer pulsa dimungkinkan karena lokasi dan waktu yang tidak memungkinkan untuk membeli pulsa elektrik atau voucher. Kondisi lain karena ketidakadaan dana kas untuk membeli pulsa saat tersebut. Di sisi lain, kebutuhan untuk komunikasi baik melalui sms, telpon atau jaringan data (internet) diperlukan dalam waktu segera saaat itu.

Pulsa bisa jadi e-money virtual

Pulsa bisa juga sebagai e-money virtual. E-money ini bisa ditukarkan dalam pembelian berbagai macam seperti pulsa, di minimarket, channel pembelian beraneka ragam. Memang ada yang baru konsep tetapi sudah mulai diimplementasikan untuk pengiriman uang yang bekerjasama dengan distribution channel pihak tertentu.

Sebagai contoh yang sudah mulai berkembang saat ini yaitu e-money yang dikeluarkan oleh bank-bank. Jumlahnya maksimal RP. 1 juta, bisa ditransaksikan untuk berbagai macam seperti bayar tol, beli di minimarket, beli tiket transportasi dan kebutuhan lainnya.

Nantinya Pulsa sebagai e-money virtual dapat berfungsi serupa tinggal nunggu peraturannya yang mengayominya. Kelemahan e-money dari bank dan emoney virtual pulsa adalah si-pembawa bisa melakukan transaksi dan tidak atas nama atau dilindungi dengan pin seperti layaknya debit card dan credit card. Dengan demikian jumlahnya perlu dibatasi sehingga risiko untuk penyalahgunaan dibatasi sampai jumlah tertentu yaitu jumlah pulsa dan e-money bank saat ini biasanya sampai Rp. 1 juta.

Pulsa jadi Kebutuhan Baru

Penjelasan di atas membuktikan pulsa menjadi kebutuhan baru. Sehubungan dengan urgensi, kepentingan, lokasi, waktu dan alasan lainnya atas perlunya komunikasi dan memerlukan pulsa baik untuk sms, telpon atau akses data sehingga pulsa menjadi suatu kebutuhan.

Dengan demikian pulsa tersebut bisa dianggap pulsa murah dibandingkan urgensi dan kepentingan atas komunikasinya.

Tips sedderhana selalu cek pulsa Anda dan pergunakan sesuai kebutuhan.

Sekian semoga tulisan singkat ini berguna.

Salam.

Sumber gambar dari google.

Postingan ini dalam rangka Lomba Blog Pojok Pulsa:

Mau Pulsa Gratis? Follow: @pojoktweet | Facebook Page Pojok Pulsa | Pojok Pulsa Google Plus Page


TAGS pulsa pulsa murah pulsa elektrik


-

Follow Me