Menjadi Publisher (Penerbit) link langsung ke Twitter : Paper.li

6 Jan 2013

Awalnya saya heran ada tulisan di tweets “The ……. Daily is out! http://bit.ly/…… Top stories today via …”. Wah kok bisa tiap hari ya ? Apa mereka bikin tulisan atau copy paste tulisan orang dan kemudian buat blog diisi berbagai macam artikel seperti koran. Alias menjadi penerbit dadakan.

O la la ternyata proses itu cukup singkat, hanya mendaftar di www.paper.li dengan sendirinya mention di twitter itu muncul. Mudah kok membuatnya.

Langkah yang perlu dilakukan yaitu :

  1. Daftar dihttp://paper.li/ dengan klik sign up/sign in bisa melalui account twitter, facebook, google, atau yahoo. Setelah masukkan email/username dan password Anda sudah masuk ke area paper.li untuk mulai menjadi penerbit/publisher.
  2. Klik create a paper alias buat/terbitakan semacam blog koran, masukkan judul/title untuk koran blog tersebut. Sebaiknya isinya dalam satu tema, misalnya tentang travel & kuliner, olahraga, burung dan alin sebagainya.
  3. Nah setting khusus untuk stream (aliran informasi) yang dipilih dari twitter dan facebook dapat disesuaikan dengan isi stream twitter/facebook khusus yang bersesuaian dengan nama di butir 2. Misalnya saya mengisi koran blog tentang travel & kuliner yang mengikuti list saya http://www.twitter.com/browox/travelkuliner yang memang sudah saya kelompokkan follow twitter yang berakitan dengan ini seperti : NatGeoTraveler, PakBondan, blitzmegaplex, NatGeo, BestTravelPics, kuliner, GarudaIndonesia, lovelyindonesia, indotourism, IndonesiaTravel, indotravel, WhyGoIndonesia, EnjoyIndonesia dan lainnya.
  4. Ada 5 kostumisasi untuk stream butir 3 tersebut yaitu : # Single Twitter user (diisi sesuai nama account twitternya misalnya : kuliner), # Add Twitter List (diisi sesuai nama listnyas eperti dalam contoh saya @browox/travelkuliner), # Add Twitter #tag (misalnya #kuliner), # Add Keywords on Twitter (kata kunci/keyword di twitter misalnya kuliner), dan # Add Keywords on Facebook (kata kunci/keyword dari facebook) dan kemudian setelah diisi beberapa dari gabungan 5 kosumisasi tersebut klik publish. Jadilah satu koran blog harian.
  5. Untuk setting bisa diklik dari gambar profile Anda, Setting, Content, Promote dan Appearance. saya sarankan terutama di checkmark (V) pada tulisan berikut “AUTOMATICALLY tweet, to all your followers, any new updates for this paper from your Twitter account (max once a day). You can stop this promotion at any time.”

Mudah bukan untuk membuatnya, Anda bisa membuat banyak koran blog harian sesuai dengan tema yang diinginkan berdasarkan following yang Anda inginkan. Tiap hari akan ada tulisan mention di twitter Anda seperti ini “The ……. Daily is out! http://bit.ly/…… Top stories today via …”.

Selamat mencoba.


TAGS paper.li penerbit koran news


-

Follow Me